Saturday, January 12, 2013

Sekedar tentang Bullying dan cara menghadapi Bullyers

Selamat siang sob 3o,kalian pasti tau kan tentang kasus Bullying di sekolah?salah satunya saya yang sering kena bully hehehe,,tapi saya sudah tidak asing lagi dengan hal ini,sebelumnya saya akan menjelaskan dulu tentang bullying


bullying adalah : kekerasan fisik dan psikologis berjangka panjang yang dilakukan seseorang atau kelompok terhadap seseorang yang tidak mampu mempertahankan diri dalam situasi dimana ada hasrat untuk melukai atau manakuti orang atau membuat orang tertekan, trauma / depresi dan tidak berdaya.
Tindakan kekerasan yang dilakukan senior terhadap junior di sekolah bukanlah hal yang baru dalam dunia anak-anak usia sekolah. Kasus kekerasan ini telah lama terjadi di Indonesia, namun luput dari perhatian. Disejumlah negara maju Pusat Krisis untuk kasus semacam ini telah didirikan.
Bentuk bullying ada 3 yaitu :

 
* Fisik (memukul, menampar, memalak atau meminta paksa yang bukan miliknya, pengeroyokan menjadi eksekutor perintah senior).
* Verbal (memaki, mengejek, menggosip, membodohkan dan mengkerdilkan).
* Psikologis (mengintimdasi, mengecilkan, mengabaikan, mendiskriminasikan).
Bullying berdampak menurunkan tes kecerdasan dan kemampuan analisis siswa yang menjadi korban, bahkan sampai berusaha bunuh diri. Bullying juga berhubungan dengan meningkatnya tingkat depresi, agresi, penurunan nilai - nilai akademik dan tindakan bunuh diri.
Saya sangat sedih saat melihat tindakan bullying yang di lakukan kakak kelasnya terhadap adik kelas, katanya kelas 10 tidak boleh mengunjungi kantin karena itu adalah ‘area’ kelas 11 dan 12… Apa hak mereka melarang ?
Saya juga merasa kecewa, saat pemberitaan tindakan bullying di sebuah SMA yaitu kakak kelas memukuli adik kelasnya hingga masuk rumah sakit karena melewati ‘Koridor atau Area’ yang hanya boleh di lewati oleh kakak kelas. Apa hak mereka?
Dalam kasus ini tidak ada pihak yang di untungkan, karena pelaku bullying tersebut di penjara dan membuat keluarga dan orang tua nya malu. Lalu dari pihak korban, orang tua terpaksa memindahkan anaknya ke sekolah yang baru karena takut dengan teman-teman pelaku. Jadi tidak ada pihak yang menang dalam kasus seperti ini.
Saya kebetulan baru saja melewati Masa Orientasi Siswa, mungkin dulu lebih eksis dengan sebutan ‘Perploncoan’ dan saya bersyukur di SMA saya yang terletak di Cinere karena tidak ada senioritas dan junioritas maksudnya tidak ada perbedaan kelas 10 dengan kakak kelas 11 dan 12. Walau berbeda tingkatan, kami tetap sebuah keluarga besar dan saya bersyukur sekali kakak-kakak kelas saya di SMA tersebut baik-baik sekali terhadap adik kelas, saya tidak merasakan minder karena kakak kelasnya baik dan tindakan bullying sangat di ‘haram’ kan di SMA tempat saya bersekolah.
Saya berharap kepada pihak yang berwenang terhadap permasalahan seperti ini agar tidak menganggap enteng masalah ini dan kalau perlu membuat sebuah instansi untuk kasus seperti ini.


berikut adalah tipe tipe pembully dan cara mengatasinya 

Si Berani Rame-RameCiri: Suka bikin masalah saat bareng sama teman-teman alias keroyokan. Kalau lagi sendirian malah nggak bersuara.
Cara Menghadapi: Mendingan kita nggak usah memperhatikan. Soalnya, mereka justru senang kalau tahu ada yang melihat/ memperhatikan mereka. Akhirnya mereka akan semangat cari gara-gara sama kita. Jika memang salah satunya merasa punya masalah sama kita, mendingan langsung ditanyakan secara personal. Mendatangi dia dengan tetap bersikap sopan, menunjukan kalau kita nggak bisa ditindas.

Tim Sorak SoraiCiri: Mereka ini termasuk ‘licin’. Maksudnya, nggak pernah terlibat masalah, karena mereka tidak melakukan aksi langsung. Tapi, mereka ini suka meneriaki junior dengan kata-kata yang tajam dan menghina, supaya mentalnya jatuh.
Cara Menghadapi: Keep your head high. Jangan sampai termakan teriakan orang-orang nggak penting seperti itu. Anggap saja mereka nggak ada dan apapun yang mereka bilang nggak mempengaruhi kita. Sebatas teriakan negatif nggak akan menjatuhkan kita, kok. 

Memanfaatkan JabatanCiri: Menggunakan posisi yang ia punya di ekskul/ OSIS/organisasi lainnya, untuk mem-bully orang lain. Ia suka memberikan tugas dan sangsi dengan semena-mena.
Cara Menghadapi: Jalankan tugas kita dengan baik, supaya dia nggak punya alasan untuk ngerjain kita. Tapi, jangan heran kalau dia tetap mencari kesalahan kita. Karena dalam organisasi/ kepanitiaan, jika memang nggak salah, kita boleh membela diri secara logis. Pasti anggota yang lain, termasuk teman-temannya akan menyadari bahwa ia sengaja mem-bully.

JagoanCiri: Senggol bacok, itu prinsipnya. Tipe yang begini sama sekali nggak takut dengan resiko apapun. Ia nggak akan segan melabrak, “menggencet” sampai melakukan aksi fisik ke korbannya
Cara menghadapi: Mau nggak mau, menghadapi yang seperti ini kita memerlukan bantuan. Soalnya, mereka bisa berbahaya. Kumpulkan teman-teman yang terancam dengan si tukang bully tersebut, kemudian konsultasikan ke OSIS, orang tua atau guru





PESAN UNTUK YANG DIBULLY:
Biarkan saja apa yang mereka katakan,percayalah,bahwa suatu hari kamu bakalan berada diatas mereka.



PESAN UNTUK BULLYERS :
INGAT APA GUNANYA MERENDAHKAN ORANG LAIN?MEREKA JUGA MANUSIA SAMA SEPERTI KITA,PIKIRKAN JIKA ANDA DIPIHAK YANG DI BULLY,INGAT ,MUNGKIN SUATU HARI POSISI ANDA ADA DIBAWAH PARA ORANG YANG ANDA BULLY,SUATU SAAT TUHAN PASTI AKAN MEMBALAS PERBUATAN KALIAN



3 comments:

  1. Satu hal jika kita di bully orang lain, kita harus sabar dan mencoba memaafkan mereka. Tidak ada gunanya kita balas dendam atau marah kepada pembully karna hanya akan menimbulkan masalah yang baru. Tetap semangat dan buktikan kita yang di bully punya keistimewaan yang hebat yang harus kita tunjukkan

    ReplyDelete
  2. Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang Mengatasi Bully berikut artikel yang terkait tersebut di 5 AMPUH CARA MENGHINDARI BULLYING DI SEKOLAH

    NB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya, kita saling membantu saja...kalau tidak ada dirugiakan apa salahnya saling membantu,, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin

    ReplyDelete